Cara Menjauhi / Menghindari Sifat Dendam Di Lingkungan Sekolah Dan Di Masyrakat

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Dendam adalah berkeinginan keras untuk membalas karena rasa marah atau benci. Hawa nafsu yang tidak terkendali melahirkan kemarahan.

Menghindari Perilaku Dendam di Lingkungan Sekolah

Kita  di sekolah bergaul dengan teman-teman. Keinginan anak-anak seusiamu masih membara. Begitu juga dengan emosinya, masih meluap-luap. Terkadang masalah sepele dapat menyebabkan pertengkaran. Sebagai generasi Islam, kita harus belajar untuk mengendalikan emosi.

Jika ada teman yang menyakitimu, kita tidak perlu membalasnya dengan perbuatan yang membabi buta. Berusahalah untuk memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh teman kita. Kesalahan teman jika kita balas dengan kesalahan. masalahnya semakin berlarut-larut. Daripada kita saling membalas dendam, lebih baik berusaha untuk saling memaafkan dan menjaga kerukunan bersama.

Menghindari Perilaku Dendam dalam Masyarakat

Dendam tidak ada manfaatnya dalam kehidupan kita. Bayangkan saja, jika setiap orang yang disakiti menaruh dendam kepada orang yang menyakitinya, akan terjadi perselisihan yang tidak berujung. Orang yang disakiti akan mengajak teman atau saudaranya untuk membalas orang yang telah menyakitinya. Jika hal itu diteruskan, pertikaian tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu, dendam harus dijauhkan dari diri setiap manusia supaya permusuhan dapat dihilangkan di tengah masyarakat.

Itulah cara menghindari sifat dendam di sekolah dan masyrakat, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…