Ciri-Ciri / Tanda-Tanda Perilaku Dendam

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Perilaku dendam dapat ditunjukkan oleh ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh pelakunya. Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut :

Tidak Pernah Merasa Tenang

dalam Menjalani Hidup Pendendam pada umumnya tidak dapat mengontrol dirinya sendiri sehingga cenderung suka marah dan menyalahkan orang lain. Terlebih jika ia melihat orang yang dibencinya berbuat kesalahan.

Mudah Tersinggung dan Enggan Menerima Kritikan Orang Lain

Pendendam tidak siap jika mendapat kritikan dari orang lain. Ia merasa apa pun yang dilakukannya selama ini benar sehingga enggan mendapat kritikan. Pendendam cenderung menyamakan antara saran, kritikan, atau masukan seperti ejekan yang dianggap melecehkan dirinya.

Suka Bersifat Dengki

Pendendam biasanya senang jika dirinya sukses dan melihat orang lain gagal. Sebaliknya, jika orang lain sukses dan dirinya gagal, merasa sangat benci sehingga terdorong untuk menggagalkannya dengan berbagai cara.

Menyibukkan Diri dengan Perbuatan yang Mubazir

Pendendam pada umumnya senang menyibukkan dirinya untuk menyusun rencana mengganggu orang yang ia benci. Orang tersebut tidak peduli jika kesibukannya telah membuang waktu dan menghilangkan harta benda miliknya.

Suka Berbuat Melampaui Batas

Pendendam dalam meluapkan kemarahannya senang berbuat yang melampaui batas. Orang tersebut tidak memiliki sifat belas kasih dan kesabaran, meskipun untuk urusan sepele.

Itulah cirri atau tanda dari sifat dendam, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…