Pengertian / Definisi Dari Dendam

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Dendam artinya berkeinginan keras untuk membalas karena rasa marah atau benci. Hawa nafsu yang tidak terkendali melahirkan kemarahan. Kemarahan yang berlarut-larut dan terpendam menjadi bibit dendam. Marah dan dendam merupakan bawaan setan.

Oleh karena itu, keduanya sama-sama tercela sehingga kita harus menghindarinya. Dalil-dalil yang menjelaskan tentang pentingnya menghindari perilaku dendam antara lain sebagai berikut : Walya‘fu walyasfahu alatuhibbuna ayyagfirallahu lakum wallahu gafururrahim.

Artinya: dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Q.S. an-Nur ayat 22)

Rasulullah juga bersabda yang artinya sebagai berikut :

Dari Ibnu Abbas berkata: Telah bersabda Rasulullah, ”Ada tiga hal yang jika seseorang terbebas dari salah satunya, sungguh Allah akan mengampuni segala kesalahannya selain yang tiga itu. Ketiga hal tersebut adalah:

orang yang mati dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun, orang yang bukan tukang sihir yang mengikuti ramalannya, orang yang tidak menaruh dendam kepada saudaranya.”

Dendam sangat dibenci oleh Allah karena dapat menjadi sumber permusuhan. Kasus-kasus pertikaian antarwarga, antarsuku, bahkan antarpelajar yang berbuntut tawuran, biasanya bersumber dari dendam.

Itulah pengertian / arti dari dendam, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…