Tokoh / Ilmuan Muslim Yang Sangat Terkenal Dibidang Kesenian

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kesenian Islam harus bersumber pada Al-Qur’an dan as-Sunah. Karena itu, seni tidak boleh bertentangan dengan ajaran Islam. Hasil kesenian Islam beragam, baik seni berbentuk arsitektur bangunan, sastra, seni suara, dan seni tari. Kesenian Islam itu telah banyak dinikmati oleh masyarakat di penjuru dunia, baik di negeri barat maupun timur.

Abu Nawas

Abu Nuwas memiliki nama lengkap Abu Nuwas al-Hasan bin Hani al-Hakimi. Akan tetapi, ia lebih dikenal dengan nama Abu Nawas. Ia merupakan salah seorang tokoh seni atau sastra yang hidup pada masa pemerintahan Daulah Abbasiyah, tepatnya pada masa pemerintahan Harun ar-Rasyid. Bakat dalam bidang sastra telah terlihat semenjak kecil. Ia dibawa oleh ibunya ke Basra setelah ayahnya meninggal dunia. Di Basra ia belajar berbagai cabang ilmu pengetahuan. Akan tetapi, dari banyak ilmu pengetahuan yang dipelajari, ia lebih menonjol di bidang sastra.

Itulah nama tokoh / ilmuan islam yang terkenal di bidang kesenian, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…