Adab / Sopan Santun Sebelum Makan / Minum

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sebelum hidangan makanan yang tersedia kita santap, pastikan bahwa makanan tersebut halal. Jika sudah, kita cermati apakah makanan baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun makanan tersebut halal, tetapi jika berbahaya bagi kesehatan, sebaiknya kita jauhi. Misalnya, agar terhindar dari batuk, kita menjauhi makanan yang dingin.

Makanan yang banyak mengandung gula juga harus dijauhi bagi pengidap penyakit diabetes. Demikian halnya contoh yang lain. Jika makanan tersebut sudah terjamin kehalalannya dan baik bagi kesehatan, berarti kita boleh menyantapnya. Oleh karena itu, beberapa adab sebelum makan penting untuk kita perhatikan.

Mencuci Kedua Tangan

Tangan merupakan bagian tubuh terpenting pada saat kita melakukan berbagai aktivitas, baik yang kita lakukan di tempat yang bersih maupun kotor. Oleh karena itu, sebelum makan kita dianjurkan untuk membiasakan diri mencuci kedua tangan hingga bersih.

Berniat karena Allah dan Berdoa

Terlebih Dahulu Makan kita niatkan untuk mencari rida Allah. Kita makan tidak didasari niat untuk memenuhi hawa nafsu, tetapi agar kita mendapat kekuatan dalam beribadah kepada Allah. Dengan demikian, sangat keliru jika setelah makan kita justru menjadi malas beribadah. Selain niat yang benar, kita juga dianjurkan untuk berdoa dahulu. Doa sebelum makan sebagai berikut. Allahuma barik lanafimarazaqtanawa qina‘azabannar. Artinya: Ya Allah berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Merasa Cukup

dengan Makanan yang Tersedia Makanan yang tersedia merupakan rezeki dari Allah yang dikaruniakan kepada kita. Tidak pantas jika kita mengeluh karena tidak dapat menyajikan makanan di luar kemampuan kita
.
Mengambil Makanan Secukupnya

Rasulullah memberi tuntutan kepada kita untuk tidak makan sebelum lapar dan jika makan pun tidak sampai kenyang. Pada saat kita mengambil makanan, perkirakan dengan porsi secukupnya agar tidak terlalu kenyang.

Mengundang Orang Lain untuk Turut Makan

Makan makanan akan mengandung keberkahan jika kita nikmati bersama orang lain. Oleh karena itu, Rasulullah tidak pernah makan sendirian. Beliau selalu mengajak orang lain, baik sahabat maupun keluarganya untuk menikmati bersama. Biasakan kita mencuci tangan sebelum menyantap makanan yang telah dihidangkan.

Adab-adab di yang ada di atas penting untuk kita perhatikan sebelum dan seudah makan. Jika adab-adab tersebut telah terpenuhi, makanan tersebut pun siap untuk kita santap.

Itulah adab-adab yang baik ketika sebelum dan sesudah makan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…