Fungsi Iman Kepada Rasulullah Saw

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Membalas cinta Rasulullah saw. hendaknya dilakukan dengan cara menjadikan beliau sebagai idola. Layaknya cinta terhadap tokoh yang diidolakan, tentunya kamu akan berusaha meneladani, mencontoh, dan meniru apa pun yang pernah dilakukannya. Selanjutnya, kita juga wajib untuk tidak melakukan perbuatan yang beliau larang. Dengan demikian, hidup kita menjadi terarah dan melahirkan perasaan damai. Iman kepada rasul memiliki beberapa fungsi bagi manusia, antara lain sebagai berikut.

a.     Menjadikan manusia hidup teratur sesuai dengan syariat yang dibawa.
b.    Menjadikan hidup manusia terarah.
c.     Meningkatkan keimanan dan ketakwaan.
d.    Diampuninya dosa-dosa manusia oleh Allah karena taat kepada rasul-rasul-Nya.
e.     Meningkatkan amal saleh yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.
f.     Menjadikan rasul Allah sebagai teladan hidup.

Allah swt. telah mengutus rasul kepada manusia untuk menunjukkan jalan yang benar. Hal ini karena manusia cenderung mengikuti hawa nafsu. Nabi dan rasul utusan Allah swt. meneriwa wahyu yang berisi ajaran untuk disampaikan kepada umatnya. Ajaran yang dibawa nabi dan rasul harus kita amalkan dalam kehidupan.

Itulah cara membalas cinta kita kepada Rasulullah saw, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…