Mencontoh / Meneladani Sifat-Sifat Rasulullah saw

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Rasulullah saw. adalah rasul paling istimewa dari semua rasul yang ada. Dialah pemimpin dan penutup para nabi dan rasul. Dia memiliki sifat mulia yang menjadi teladan bagi seluruh umat manusia di muka bumi. Tidak ada nabi dan rasul yang melebihi keistimewaannya.

Segala perkataan, perbuatan, dan ketetapan Rasulullah saw. adalah pedoman dan tuntunan hidup manusia. Oleh karena semua itu adalah cerminan kandungan Al-Qur’an. Sebagaimana dinyatakan oleh istri beliau, Aisyah r.a. bahwa akhlak Rasulullah saw. adalah Al-Qur’an.

Ketika Rasulullah saw. masih hidup, para sahabat bisa meneladani beliau secara langsung. Akan tetapi, setelah beliau meninggal tentu hal itu tidak dapat dilakukan lagi, kecuali dengan mempedomani hadis-hadis yang ditinggalkannya. Jadi, segala perkataan dan perbuatan Rasulullah saw adalah sumber hukum yang harus kita taati.

Hal-hal yang dicontohkan Rasulullah melalui perbuatan baik dalam ibadah maupun muamalah (pergaulan) harus senantiasa menjadi panduan kita sehari-hari. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibadah yang dilakukan Rasulullah saw. sangat tekun dan penuh kekhusyukan, walaupun beliau sudah dijamin Allah masuk surga. Demikian pula dalam bermuamalah atau bergaul sehari-hari menunjukkan kemuliaan akhlak beliau. Orang miskin dan lemah beliau santuni, anak yatim beliau asuh, orang yang perlu bantuan beliau tolong. Inilah suri teladan bagi umat manusia.

Itulah sebagian dari sifat-sifat Rasulullah yang harus kita teladani, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…