Sifat-Sifat Yang Dimiliki Nabi Dan Rasul

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Pada pembahasan awal kita telah mengetahui bahwa rasul adalah manusia biasa berjenis kelamin laki-laki yang diberi wahyu dan diutus oleh Allah swt. untuk menyampaikan risalah (syariat) kepada umatnya. Layaknya manusia biasa, seorang rasul juga membutuhkan makan, minum, lelah, tidur, beristri, dan memiliki anak.

Seorang rasul juga dapat merasakan sakit, sedih, bahagia, dan sifat-sifat kemanusiaan lainnya. Nabi Ayyub a.s. pernah merasakan sakit berkepanjangan sebagaimana manusia biasa. Nabi Muhammad saw. juga meneteskan air mata ketika Khadijah, istrinya meninggal dunia, sebagai wujud kesedihan. Hal yang membedakan dengan manusia biasa adalah bahwa rasul mendapatkan wahyu dari Allah swt. dan ia memiliki kewajiban untuk menyampaikan risalah kepada umatnya.

Diutusnya rasul-rasul tidak lain adalah dalam rangka mengajak manusia untuk menegakkan kalimat tauhid dengan menyeru beribadah hanya kepada Allah dan menjauhi tagut. Tugas yang dipikul oleh rasul Allah swt. sangat berat. Meskipun demikian, mereka menjalankan tugas tersebut dengan ikhlas. Rasul merupakan manusia pilihan yang dikaruniai sifat-sifat khusus. Sifat-sifat yang dikaruniakan Allah swt. kepada RasulNya sebagai berikut :

1)     Siddiq berarti jujur,
2)     Amanah berarti dapat dipercaya,
3)     tablig yang berarti menyampaikan,
4)     fatanah yang berarti cerdas

Itulah sifat-sifat Nabi dan Rasulullah yang wajib di ketahui, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…