Definisi / Arti Dari Siddiq, Amanah, Tablig dan Fatanah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Rasul merupakan manusia pilihan yang dikaruniai sifatsifat khusus. Sifat-sifat yang dikaruniakan Allah swt. kepada Rasul-Nya sebagai berikut :
Siddiq berarti jujur. Nabi dan rasul utusan Allah swt. merupakan manusia yang jujur. Mereka menyampaikan apa yang diwahyukan oleh Allah swt. kepada umatnya. Tidak ada syariat yang disembunyikan atau tidak disampaikan kepada umatnya.

Amanah berarti dapat dipercaya. Nabi dan rasul memiliki sifat amanah. Oleh karena nabi dan rasul memiliki sifat jujur, mereka dapat dipercaya. Kejujuran yang dimiliki oleh nabi dan rasul menyebabkan mereka dipercaya. Mereka menjaga dan melaksanakan amanah yang diterima kapan dan di mana pun berada.
 
Rasul Allah swt. dikaruniai sifat tablig yang berarti menyampaikan. Apa yang diterima dari Allah swt. disampaikan kepada umatnya. Rasul tidak mengurangi sedikit pun perintah yang diterima dari Allah swt.
Rasul Allah swt. memiliki sifat fatanah yang berarti cerdas. Dalam menjalankan dakwah rasul sering menemui halangan dan rintangan. Halangan dan rintangan harus dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya. Diperlukan kecerdasan dan kejernihan pikiran agar dapat keluar dari tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, Allah swt. mengaruniai nabi dan rasul-Nya sifat fatanah.

Sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh rasul tidak serta-merta menyebabkan seseorang beriman kepada rasul. Kadang mereka menantang rasul untuk membuktikan kerasulannya. Oleh karena itu, Allah swt. menganugerahkan mukjizat kepada beberapa nabi dan rasul-Nya.

Itulah pengertian dan arti sifat-sifat Nabi dan Rasulullah yang wajib di ketahui, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…