Ayat Al Qur’an Yang Menerangkan Sifat Munafik

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Banyak sekali ayat Al-Qur’an yang berbicara tentang sifat munafik, Di antaranya terdapat dalam empat ayat Al-Qur’an sebagai berikut.

Innalmunafiqina yukhadiunallaha wa huwa khadiuhum waiza qamuilassalati qamukusa layura unannasa wala yazkurunallaha illaqalila.

Artinya: Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk salat mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecualisedikit sekali. (Q.S. an-Nisa’ [4]: 142)
Dalam ayat lain Allah berfirman:

Izyaqulu lmunafiquna wallazina fiqulubihim maradun garra haulai dinuhum, wamayyatawakkal alallahi fainnallaha azizun hakim.

Artinya: (Ingatlah), ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya berkata, ”Mereka itu (orang mukmin) ditipu agamanya.” (Allah berfirman), ”Barang siapa bertawakal kepada Allah, ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (Q.S. al-Anfal [8]: 49).
Atas kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang munafik, Allah mengancam akan menempatkan mereka di api neraka.

Innal muna fiqina fiddarki lasfali minannari walan tajida lahum nasira.

Artinya: Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. (Q.S. an-Nisa’ [4]: 145).

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk bersikap hati-hati tehadap orang munafik. Kita harus mengecek kebenaran berita yang mereka sampaikan.

Iza jaakalmunafiquna qalunasyhadu innaka larasulullahi wallahu ya lama innaka larasuluhu, wallahu yasyhadu innalmuna fiqina lakazibuna.

Artinya: Apabila orang-orang munafik datang kepadamu (Muhammad), mereka berkata, ”Kami mengakui, bahwa engkau adalah Rasul Allah.” Dan Allah mengetahui bahwa engkau benar-benar Rasul-Nya; dan Allah menyaksikan bahwa orang-orang munafik itu benarbenar pendusta. (Q.S. al-Munafiqun [63]: 1).

Itulah ayat-ayat yang menerangkan tentang sifat munafik, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…