Binatang / Hewan Di Darat Dan Laut Adalah Semua Ciptaan Allah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Allah telah menciptakan alam dan isinya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hewan atau binatang merupakan bagian ciptaan Allah yang diperuntukkan bagi manusia. Akan tetapi, dari sekian banyak hewan yang diciptakan-Nya terdapat hewan yang boleh dan tidak boleh kita konsumsi.

Binatang yang diizinkan oleh Allah untuk kita konsumsi disebut binatang halal. Pada dasarnya binatang dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu binatang yang berasal dari darat dan laut. Binatang laut yaitu binatang yang hidup di laut dan hanya bisa hidup di laut. Semua binatang laut halal dikonsumsi bagaimanapun keadaannya, baik diperoleh dalam keadaan hidup maupun sudah mati, baik karena ditangkap maupun karena terdampar.

Binatang darat adalah binatang yang hidup di darat dan tidak dapat hidup kecuali di darat. Jika semua binatang laut halal dikonsumsi, binatang darat ini ada yang halal dan ada yang haram. Binatang darat yang halal dikonsumsi, misalnya kerbau, sapi, ayam, dan kambing. Penjelasan mengenai binatang darat yang haram hukumnya akan dijelaskan dalam subbab selanjutnya.

Binatang yang dihalalkan harus diperlakukan sesuai dengan tuntunan syariat agar menjadi makanan yang halal untuk dikonsumsi, yaitu dengan disembelih. Hewan atau binatang yang tidak boleh dikonsumsi disebut binatang haram. Menyembelih hewan yaitu memotong saluran pernapasan dan makanan sambil menyebut nama Allah swt.

Itulah ciptaan Allah yang ada di darat dan laut, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…