Cara Menerapkan Perilaku Qanaah Dan Tasamuh

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Berperilaku qanaah dan tasamuh merupakan tindakan terpuji. Kita wajib melaksanakannya di setiap waktu dan tempat.

Berperilaku Qanaah

Merasa cukup dalam hidup di dunia ini sangat perlu sekali agar bisa meraih bahagia dunia akhirat. Penerapan qanaah dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut:

Ketika berada di rumah, qanaah dalam hal kebutuhan makan, kebutuhan sandang dan pangan.
Ketika berada di sekolah qanaah dalam hal peralatan sekolah, seragam sekolah, dan biaya sekolah.
Ketika di masyarakat qanaah dalam hal berbicara, bekerjasama dan bermusyawarah.

Berperilaku Tasamuh

Terhadap sesama teman Bertasamuh tidak pilih kasih, dilakukan dengan tidak membeda-bedakan pangkat, jabatan, dan kekayaan.

Terhadap sesama pemeluk agama Islam Sebagai orang Islam, kita hendaknya meniru perilaku tasamuh yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Segala gerak dan tingkah laku kita sejak bangun tidur hingga kembali lagi tidur, sepenuhnya hendaknya seperti apa yang ditunjukkan oleh Rasulullah saw. Bahkan apabila terjadi perbedaan pendapat, tidak langsung dijadikan alasan untuk tidak bertasamuh.

Sabda Rasulullah saw.: Artinya: “Kamu akan melihat orang-orang yang beriman dalam saling menyayangi, saling mencintai, saling mengasihi bagaikan satu tubuh. Apabila salah satu bagian tubuh sakit, maka bagian lain pun akan merasakannya dengan tidak dapat tidur dan badan panas.” (H.R. al-Bukhari dan Muslim)

Terhadap non muslim Umat Islam adalah sebaik-baik umat yang diciptakan oleh Allah swt. Untuk itu dalam pergaulan kita hendaknya bersikap sesuai dengan tuntutan agama agar bisa dijadikan contoh bagi umat yang lain. Terhadap umat yang tidak satu keyakinan dengan kita, kita tetap harus bersikap tasamuh. Akan menyakiti hati nabi, jika orang Islam menyakiti umat non muslim.

Firman Allah swt. yang artinya : “Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku.” (Q.S. al-Kafirun : 6) Dari ayat tersebut, Allah swt. dengan jelas berfirman bahwa hendaknya kita saling hormat menghormati atas antar umat beragama. Kita tidak boleh mengganggu atau mencampuri urusan agama orang lain. Hal ini rupanya sejalan dengan tri kerukunan antarumat beragama yang selama ini digalakkan oleh pemerintah, yaitu Rukun antarumat beragama, Rukun antarumat berlainan agama dan Rukun antarumat beragama dengan pemerintah.

Itulah Cara Menerapkan Perilaku Qanaah Dan Tasamuh, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…