Hikmah / Fungsi Tasamuh / Tenggang Rasa

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Segala sesuatu yang bersumber dari ajaran agama mengandung kebaikan atau hikmah maupun fungsi. Rasulullah saw. Bersabda yang artinya:

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda: Siapa yang membantu menghilangkan kesulitan orang mukmin satu kesulitan di dunia, niscaya Allah akan menghilangkan kesulitan dia dari kesulitan pada hari kiamat. Dan barang siapa yang memberikan kemudahan kepada orang yang menghadapi kesulitan, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia dan di akhirat.” (H.R. Muslim).

Arti Hadis di atas menerangkan bahwa apabila kita ingin menghilangkan kesulitan yang dihadapi, hendaknya kita melakukan sesuatu yang bisa menghilangkan kesulitan orang lain terlebih dahulu. Apabila ingin memudahkan semua urusan kita, maka kita harus memudahkan urusan yang dihadapi orang lain terlebih dahulu.

Secara garis besar, fungsi tasamuh adalah sebagai berikut:

Banyak saudara
Urusan yang dihadapi menjadi lebih mudah
Kesulitan yang dihadapi bisa diatasi
Suasana dengan teman menjadi akrab layaknya sebuah keluarga

”Tiada seorang muda yang menghormati orang yang tua usianya, melainkan Allah akan mentakdirkan baginya nanti orang-orang yang menghormatinya jika ia telah tua usianya kelak.” (H.R. Tirmizi).

Itulah Hikmah / Fungsi Tasamuh Tenggang Rasa, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…