Cara Menghindari Sifat Gadab / Amarah

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, Perilaku gadab harus dijauhkan dari kehidupan seorang muslim. Menjauhkan perilaku gadab harus dilakukan dengan melatih kesabaran diri. Kesabaran sangat diperlukan untuk menghilangkan perilaku gadab dari kehidupan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati gadab sebagai berikut.
  1. Merenungkan dan memahami ayat Al-Qur’an dan hadis yang menjelaskan keutamaan orang yang dapat menahan amarah. 
  2. Munculkan tekad untuk menahan amarah guna memperoleh keutamaan dan pahala dari Allah swt.Takut akan balasan dan murka Allah swt.
  3. Merenungkan dan memahami dampak negatif gadab yang dapat menimbulkan permusuhan dan balas dendam.
  4. Membayangkan dan merenungkan paras buruk orang lain yang sedang marah. Selanjutny membayangkan hal tersebut terjadi pada diri sendiri.
  5. Memahami bahwa amarah merupakan buah dari perilaku ujub.
Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah perilaku gadab. Jika amarah terlanjur menguasai diri, apa yang mesti dilakukan? Rasulullah saw. mengajarkan agar kita melakukan hal-hal berikut.
  • Memohon perlindungan kepada Allah swt. dari perilaku gadab.
  • Jika kemarahan belum reda, duduklah.
  • Jika belum mereda, berbaringlah. Berbaring di tanah dimaksudkan agar manusia merasakan bahwa dirinya adalah makhluk yang tidak memiliki daya upaya kecuali atas kehendak-Nya.
  • Jika belum mereda, berwudu atau mandilah. Hal ini dikarenakan emosi berasal dari api dan api akan padam jika disiram dengan air atau tanah.
Dalam suatu riwayat dijelaskan, bahwa suatu hari Umar bin Khattab dalam keadaan marah. Umar bin Khattab meminta air dan meminumnya. Selanjutnya, Umar berkata, ”Sesungguhnya amarah itu berasal dari setan dan dengan inilah (air) yang membuat amarah itu hilang.”

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk orang yang dapat mengendalikan diri,sehingga kita terhindar dari sifat pemarah atau sifat gadab dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…