Cara menghindari Sikap Ananiyah / Perilaku Egois Pada Diri Kita

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, disini saya membuat artikel dengan judul cara menjahui sikap atau perilaku ananiyah, Sifat ananiyah sangatlah tidak pantas ada dalam kehidupan seorang muslim. Karena Seorang muslim diajarkan bahwa sesama muslim adalah saudara. Sesama saudara harus saling membantu dan menolong. Selain itu, Islam mengajarkan bahwa umat Islam bagaikan satu tubuh. Jika ada anggota tubuh yang sakit, maka anggota tubuh yang lain turut merasakannya.

Oleh karena itu, sifat ananiyah atau egois harus dimusnahkan dari kehidupan. Sifat ananiyah harus dihindari dalam berbagai lingkungan, mulai keluarga, sekolah, masyarakat, hingga berbangsa dan bernegara. Jika sifat ananiyah ini dibiarkan, bisa mengancam persatuan dan kesatuan kita. Bahkan dalam hidup bangsa dan bernegara, kita harus menjauhi sifat ini.

Cara menghilangkan sifat egois atau ananiyah yaitu  dengan saling menghargai dan menghormati di antara kita tanpa membeda-bedakan kekayaan, jabatan, suku, budaya, maupun agama. Menghilangkan sifat ananiyah dapat dilakukan dengan cara yaitu sebagai berikut:

·         Menyadari bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain.
·         Menghormati kepentingan orang lain.
·         Menanamkan sikap rendah hati.
·         Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.
·         Menyadari bahwa sesama muslim adalah saudara.
·         Tidak merasa diri selalu benar.
·         Mau mendengar pendapat dan nasihat orang lain (dalam kebaikan dan takwa).


Setelah kita mengetahui cara menghilangkan sikap ananiyah atau egois, mudah-mudahan kita semua terhindar dari sikap ananiyah dan mudah-mdahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhanya kepada kita semua amin…