Lawan Kata / Kebalikan Dari Sifat Ananiyah

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya akan sedikit membahas masalah tentang lawan kata atau kebalikan perilaku egois. Kebalikan dari sifat egois adalah cinta. Jika egois menyebabkan hati kita menjadi keras, maka cinta akan membuat hati menjadi lembut. Jika egois dapat membuat orang lain menderita, maka cinta mampu untuk menjadikan semua orang bahagia. Cinta yang dimaksud di sini adalah cinta yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

dalam hadis Rasulullah saw  yang artinya sebagai berikut : dari Anas bin Malik, dari Rasulullah saw. bersabda: ”Tidak beriman salah seorang di antaramu sehingga ia mencintai (sesuatu) untuk saudaranya sebagaimana ia mencintai (sesuatu itu) untuk dirinya sendiri.” (H.R. Bukhari).

Maka dalam hadis diatas dapat kita simpulkan, bahwa betapa pentingnya cinta dalam kehidupan kita sehari-hari, sampai-sampai tidak dikatakan orang itu beriman sebelum mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.

Cinta kepada sesama manusia yang ditanamkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya telah menghasilkan jiwa-jiwa yang tidak memiliki rasa egois. Jiwa-jiwa yang lebih mementingkan saudaranya dari pada dirinya, meski ia sendiri sangat membutuhkan. Dengan ikatan cinta maka silaturahmi antara mereka terjalin dengan kuat bukan dengan sifat egois yang saling menyakiti. Sikap saling menghormati menyebabkan kehidupan akan lebih indah.

Itulah pentingnya rasa cinta terhadap sesama, mudah-mudahan kita diberi cinta oleh Allah sehingga kita termasuk golongan habibullah yaitu golongannya orang-orang yang dikasihi dan di cintai oleh Allah swt amin…