Pengertian / Definisi / Arti Gadab

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya membahas materi tentang pengertian dari gadab. Gadab disebut juga marah, Gadab merupakan perilaku tercela yang harus dijauhi. Gadab dapat timbul ketika keinginan tidak tercapai. Seseorang marah ketika maksud yang dituju tidak tercapai. Pada saat seperti emosi seseorang bisa memuncak dan menimbulkan gadab.

Emosi yang membakar hati dan otak terlihat dari berubahnya kondisi anggota tubuh. Mata menjadi memerah dan tampak tegang serta kulit badan pun menjadi merah. Kondisi tersebut mencerminkan kobaran api yang membakar hati.

Ibarat kaca yang mencerminkan benda yang ada di dalamnya. Seseorang yang memiliki perilaku gadab adalah orang yang lemah meskipun fisiknya kuat. Ia termasuk orang yang lemah karena tidak mampu mengendalikan emosinya,Perhatikan sabda Rasulullah saw  Yang artinya sebagai berikut ini :

Dari Abu Hurairah r.a., bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: ”Bukanlah orang kuat itu orang yang kuat dalam bergulat. Orang kuat yang sebenarnya adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah. (H.R. Bukhari).

Dalam hadis Rasulullah sudah jelas diterangkan diatas, bahwasannya orang yang kuat itu bukanlah orang yang selalu menang dalam bergulat atau orang yang kuat mengangkat barang yang kuat, tetapi Rasulullah menyebutkan bahwa orang kuat adalah orang yang dapat atau mampu mengendalikan dirinya sendiri.

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk orang yang dapat mengendalikan diri,sehingga kita terhindar dari sifat pemarah atau sifat gadab dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…