Cara Sunan Drajat Dan Sunan Muria Dalam Menyebarkan Agama Islam Di Indonesia

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sunan Drajat nama aslinya Raden Kasim atau Syarifuddin, dan disebut juga Sunan Sedayu. Menurut silsiah, Sunan Drajat adalah putera Sunan Ampel dari istri kedua bernama Dewi  Candrawati. Ia mempunyai saudara seayah dan seibu, yaitu Siti Syareat, Siti Mutmainah, Siti Sofiah (istri Sunan Malaka), dan Sunan Bonang. Ia juga mempunyai dua saudara seayah lain ibu, yaitu Dewi Murtasiyah (istri Sunan Giri). Istri Sunan Drajat, Dewi Sifiyah, adalah puteri dari Sunan Gunung Jati.

Dalam menyiarkan agama Islam, ia menggunakan media dakwah dan mendirikan pesantren. Ia dikenal sebagai orang yang baik hati dan suka memberikan pertolongan kepada masyarakat, seperti menyantuni anak yatim dan fakir miskin. Sunan Drajat wafat pada pertengahan abad ke-16 dan dimakamkan di Sedayu, Gresik.

Sunan Muria nama aslinya adalah Raden Umar Said atau Raden Said, sedangkan nama kecilnya adalah Raden Prawoto. Namun, ia lebih dikenal dengan sebutan Sunan Muria, karena pusat kegiatan dakwahnya dan makamnya terletak di Gunung Muria, 18 km sebelah utara kota Kudus sekarang. Sunan Muria adalah putra Sunan Kalijaga.

Ia sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam di desa-desa terpencil di daerah gunung Muria. Ia tekun mendidik rakyat agar menjalankan ajaran Islam. Dalam rangka dakwahnya ia menciptakan tembang Sinom dan Kinanti yang beranfaskan Islam. Sunan Muria wafat pada abad ke-16 dan dimakamkan di bukit Muria, Jepara.

Itulah Cara Sunan Drajat Dan Sunan Muria Dalam Menyebarkan Agama Islam Di Indonesia / Nusantar, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…