Cara Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Agama Islam Di Indonesia

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sunan Kalijaga nama aslinya adalah Raden Mas Syahid dan sering dijuluki Syekh Malaya. Nama Kalijaga konon berasal dari bahasa Arab, Qadizaka, yang artinya pelaksana dan pembersih. Qadizaka yang karena lidah dan ejaan kemudian menjadi Kalijaga, berarti pelaksana yang menegakkan kebersihan atau kesucian.

Ayah Sunan Kalijaga bernama Raden Sahur Tumenggung Walatikta yang menjadi Bupati Tuban, sedang ibunya bernama Dewi Nawang Rum. Berbeda dengan wali-wali lainnya, Sunan Kalijaga berdakwah dengan cara berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya. Berkat kepandaiannya dalam berdakwah yang selalu logis dan masuk akal, banyak kaum bangsawan, pengusaha, kaum intelektual lainnya bersimpati kepadanya. Bahkan, Raden Patah sebagai Sultan Demak sangat menghargai pendapat dan nasihat-nasihatnya.

Sunan Kalijaga kemudian diangkat sebagai juru dakwah kerajaan Demak. Dalam berdakwah ia mengarang cerita wayang purwa dan wayang kulit yang bernafaskan Islam. Jasa Sunan Kalijaga terhadap kesenian tidak hanya pada seni wayang, tetapi juga pada seni suara, ukir, seni pahat, seni busana, dan kesusastraan. Sunan Kalijaga wafat pada pertengahan abad ke-15 dan dimakamkan di Kadilangu, Demak.

Itulah Cara Sunan Kalijaga Dalam Menyebarkan Agama Islam Di Indonesia / Nusantar, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…