Ciri-Ciri / Tanda-Tanda Orang Beriman Kepada Qada dan Qadar Yang

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ciri-ciri orang yang beriman kepada Qada dan QadarNya Allah swt. yaitu Selalu beriktiar dengan sungguh-sungguh dalam meraih ridha Allah swt dan selalu bertawakal kepada Allah swt., atas segala sesuatu yang diusahakannya. Dalam firman Allah di jelaskan

Wa ‘alallahi fa tawakkalu inkuntum mu’minina

Artinya: Dan bertawakallah kamu hanya kepada Allah, jika kamu orang-orang beriman.(Q.S. Al-Maidah)

Dari ayat tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa orang yang tawakkal kepada Allah swt. berarti dia merupakan ciri orang yang beriman kepada qada dan qadar.

Cara-cara bertawakal kepada Allah swt. Yaitu Kita selalu mengerjakan pekerjaan dengan tekun dan ikhlas, Kemudian Melaksanakan pekerjaan harus diikuti ikhtiar lahir dan batin Dan kita Harus mempunyai keyakinan bahwa ikhtiarnya akan berhasil Dan apabila kita sudah berhasil kita tetap bersyukur kepada Allah swt dan jika gagal tidak berputus asa.

Apabila usaha kita belum berhasil maka kita tidak boleh berputus asa. Dalam firman Allah swt yaitu :

Wa la tai’asu mir raukhillahi, innahu la yai’asu mir raukhillahi illalqaumulkafiruna

Artinya: “Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.” (Q.S. Yusuf/12: 87).

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa putus asa bukanlah sifat orang beriman melainkan sifat orang kafir dan berusaha dengan sungguh-sungguh agar dapat meraih prestasi yang diinginkan. Dalam firman Allah swt.

Innallaha la yugayyiru mabiqaumin khatta yugayyiru ma bi’anfusihim

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (Q.S. ar-Ra’d/13:11).

Dari ayat di atas dapat disimpulkan bahwa manusia diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan segala daya, pikir yang menghasilkan produk yang dapat dipakai untuk kemakmuran manusia di dunia dan di akhirat nanti.

Itulah Ciri-Ciri / Tanda-Tanda Orang Yang Beriman Kepada Qada dan Qadar, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…