Definisi / Pengertian Iman Kepada Hari Akhir / Hari Kiamat

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Iman kepada hari akhir adalah mempercayai bahwa seluruh alam dan segala isinya, termasuk manusia akan hancur. Iman kepada hari akhir merupakan sesuatu yang wajib kita percayai. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt. yang artinya sebagai berikut:

Artinya: “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.” (Q.S. al-Hajj/22: 7).

Bahwa hari kiamat pasti akan datang. Hari kiamat adalah hari dimana seluruh jagad raya ini akan hancur, gunung, bumi, planet-planet semua akan hancur berkeping-keping, maka setelah itu berakhirlah kehidupan ini, itu semua merupakan rahasia Allah dan tidak seorang pun yang mengetahuinya.
                                                                
Yas’alunaka ‘anissa‘ati ayyana mursaha, qul innama ‘ilmuha ‘inda rabbi, la yujalliha liwaqtiha illa huwa

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia.” (Q.S. al-A‘raf/7: 187).

Itulah Definisi / Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…