Contoh Perilaku / Sikap Ananiyah

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, disini saya akan memberi Contoh perilaku ananiyah atau egois dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan uraian berikut untuk memahaminya. Kamu ingin mendengarkan musik dan Kamu juga tahu bahwa mendengarkan musik adalah hak sekaligus kebutuhanmu. Akan tetapi, kalau kamu membunyikan musik dengan cara keras-keras, kamu telah memenuhi hak dan kebutuhanmu dengan cara yang salah.

Kamu telah melanggar hak orang lain, yaitu hak memperoleh ketenangan. Jika kamu tetap bersikeras melakukannya tanpa menghiraukan orang lain di sekitarmu, berarti kamu termasuk orang yang egois atau ananiyah. Sebagai makhluk sosial, sebenarnya kita tidak pantas bersikap egois.

Coba saja kita pikirkan. Kita hidup di tengah masyarakat di antara individu-individu lain. Kita juga hanya bisa hidup dengan bantuan atau keterlibatan orang lain. Tidak ada seorang pun manusia yang dapat bertahan hidup tanpa peran orang lain.

Ketahuilah bahwa sudah menjadi kodrat manusia kalau dirinya membutuhkan orang lain. Itulah sebabnya, sikap egois tidak mendapat tempat dalam agama Islam. Lagi pula, kalau kita renungkan, sebenarnya sikap orang yang egois itu memalukan. Perilaku tercela. Ananiyah, Gadab, Hasad, Gibah, Namimah. Bagaimana tidak? Ia hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak pernah mau memikirkan orang lain.

Padahal ia sendiri membutuhkan orang lain. Orang yang egois hanya memikirkan bagaimana keinginannya terpenuhi tanpa pernah memikirkan apakah orang lain terganggu karenanya atau tidak. Padahal, ia sendiri tidak ingin haknya dilanggar atau diganggu. Memang, orang egois benar-benar berjiwa kerdil.

Itulah sedikit contoh masalah ananiyah atau egois,mudah-mudahan Allah menjauhkan kita dari sikap ananiyah dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…