Arti / Pengertian Ananiyah

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya akan sedikit membahas arti atau pengertian dari sikap ananiyah. Ananiyah atau egois  merupakan perilaku tercela yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin juga sifat tersebut kita miliki dan ada dalam diri. Ananiyah merupakan sifat yang mengutamakan kepentingan diri sendiri tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.

Sifat ananiyah disebut juga sifat egois. Sebagai makhluk sosial manusia tidak akan dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, kita tidak boleh memiliki perilaku egois atau ananiyah.

Ananiyah atau egois merupakan sikap yang seolah-olah seseorang tidak membutuhkan bantuan orang lain. Sikap ini tidak semestinya ada dalam diri seseorang, sikap ananiyah adalah sangatlah berbahaya karena sikap ini termasuk sikap yang dibenci Allah swt. Apabila ada seseorang yang mempunyai sikap ananiyah atau egois maka janganlah mendekati orang tersebut karena sikap ini dapat menular.

Itulah sedikit arti atau pengertian dari ananiyah, mudah-mudahan kita dijauhkan dari sikap ananiyah atau egois, dan mudah-mudahan Allah memberi hidayah kepada kita semua sehingga kita dapat menjadi orang yang selalu rendah diri atau rendah hati amin…