Definisi / Pengertian Tawakal Dan Zuhud

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya akan sedikit mengupas arti atau pengertian zuhud dan tawakal. Kedua sifat ini termasuk sifat mulia yang disenangi oleh Allah swt.

Kata zuhud berasal dari bahasa Arab yang maknanya tidak ingin kepada sesuatu dengan meninggalkannya. Istilah zuhud merupakan salah satu istilah ilmu tasawuf. Ilmu tasawuf sendiri berarti sebuah ajaran dalam Islam yang mengajarkan cara menyucikan diri, meningkatkan akhlak, dan membangun kehidupan jasmani dan rohani untuk mencapai kebahagiaan abadi bersama Allah Ta’ala. Orang yang menjalani tasawuf disebut dengan sufi.

Pengertian zuhud adalah berpaling dan meninggalkan sesuatu yang disayangi yang bersifat materil atau kemewahan duniawi dengan mengharap suatu wujud yang lebih baik dan bersifat spiritual atau kebahagiaan akhirat. Zuhud dalam tasawuf adalah satu tingkatan yang harus ditempuh oleh seorang sufi dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Kata tawakal berasal dari kata bahasa Arab wakala yang artinya menyerahkan, memercayakan, atau mewakilkan urusan kepada orang lain. Pengertian tawakal adalah penyerahan segala perkara, ikhtiar, dan usaha yang telah dilakukan kepada Allah swt. serta berserah diri sepenuhnya kepada-Nya untuk mendapatkan kemaslahatan atau menolak kemudaratan.

Sifat tawakal merupakan pekerjaan hati manusia dan puncak tertinggi keimanan. Sifat ini akan datang dengan sendirinya jika iman seseorang telah matang. Dengan demikian, belum sempurna keimanan seseorang jika belum tiba dipuncak tawakal.

Itulah arti atau pengertian zuhud dan tawakal, mudah-mudahan kita diberi hidayah oleh Allah swt agar kita dapat memiliki sifat zuhud dan tawakal, dan mudah-mudahan Allah selalu meridhai kita semua amin…