Keistimewaan / Manfaat Dari Tawakal

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya akan sedikit mengupas masalah manfaat dan keutamaan tawakal. Sebagai salah satu sifat terpuji, tawakal juga memiliki keutamaan dan manfaat bagi siapa saja yang memilikinya. Keutamaan dan manfaat perilaku tawakal antara lain sebagai berikut :

Keutamaan yang terpenting dari tawakal adalah jika seorang mukmin telah bertawakal dan berserah diri kepada Allah, akan datang kepadanya sifat ‘aziz (mulia dan terhormat) dari Allah swt. Ia tidak takut lagi menghadapi maut. Selain itu, terlimpahlah kepadanya pengetahuan Allah swt. Dengan demikian, ia memperoleh berbagai ilham dari Allah untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya.

Orang yang bertawakal kepada Allah swt. tidak akan berkeluh kesah dan gelisah. Hatinya akan selalu dalam keadaan tenang, tenteram, dan gembira. Jika memperoleh nikmat dan karunia dari Allah swt., ia akan bersyukur dan jika mendapat musibah ia akan bersabar. Ia menyerahkan semua keputusan bahkan hidup matinya hanya kepada Allah.

Orang yang tawakal memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan berani menghadapi setiap persoalan. Ia yakin bahwa Allah akan selalu memberikan pertolongan, menganugerahkan rezeki, dan melindungi hidupnya.

Orang yang tawakal juga yakin bahwa tidak seorang pun dapat berbuat dan menghasilkan sesuatu tanpa izin dan kehendak Allah, baik berupa hal-hal yang bermanfaat maupun yang mendatangkan bahaya. Tawakal merupakan sifat yang sangat mulia di mata Allah dan manusia. Seharusnya sifat ini menjadi sifat yang senantiasa kita miliki dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Oleh karena dengan memiliki sifat tawakal, hidupmu akan senantiasa tenang, tenteram, gembira, dan penuh percaya diri. Namun demikian, benar tidaknya manfaat sifat tawakal ini perlu kita buktikan sendiri. Caranya yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap orang-orang yang ada di sekitar kita.Yaitu antara lain Orang tua, kerabat dekat,tetangga, guru, dan tokoh masyarakat.

Saya kira cukup sekian penjelasan masalah yang berkaitan degan tawakal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…