Penerapan Perilaku / Sikap Tawakal

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, dalam Penerapan tawakal ini, bagi setiap orang itu berbeda-beda, sesuai dengan kadar keimanan dan pengetahuannya. Oleh karena itu, penerapan tawakal dapat dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu sebagai berikut.

Tawakal itu sendiri, yaitu hati senantiasa merasa tenang dan tenteram terhadap apa yang dijanjikan Allah swt. Tawakal pada tingkat ini merupakan tawakal yang dimiliki oleh setiap mukmin dan menempati peringkat terbawah dalam urutan tangga tawakal. Tindakan ini disebut dengan bida-yah.

Taslim, yaitu menyerahkan urusan kepada Allah swt. karena Dia-lah yang mengetahui segala sesuatu mengenai hamba- Nya. Tawakal pada bentuk ini dimiliki orang tertentu (khawwas). Tawakal jenis ini menempati peringkat kedua dalam urutan tangga tawakal yang disebut dengan mutawassit.

Tafwid, yaitu ridha atau rela menerima segala ketentuan Allah, bagaimanapun bentuk dan keadaannya. Tawakal semacam ini dimiliki orang yang sangat khusus, seperti Rasulullah saw. Peringkat ini disebut dengan niha - yat dan merupakan tingkat paling tinggi.

Tawakal dalam Perjalanan Nabi Muhammad saw. mengajarkan kepada kita untuk senantiasa bertawakal, termasuk ketika keluar rumah untuk melakukan perjalanan. Caranya dengan berdoa kepada Allah. Hal ini dinyatakan dalam sebuah hadis yang artinya sebagai berikut :

Barang siapa yang keluar dari rumahnya untuk suatu perjalanan dan dia membaca kalimat “Bismillahi tawakkaltu alawallahi wala haula wala quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, hanya kepada-Nya aku bertawakal dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali Allah), maka ia akan diberi petunjuk, kecukupan selama perjalanan, serta dipelihara dari gangguan setan.” (H.R. Abu Daud dan At-Tirmizi).

Dalam hadis di atas pasti sudah jelas bahwa kita setiap melakukan sesuatu atau menjalankan sesuatu harus selalu bertawakal atau berserah diri kepada Allah, dengan kita bertawakal maka kita termasuk golongan orang-orang muttaqin. Saya kira cukup sekian penjelasan masalah yang berkaitan degan tawakal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…