Definisi / Pengertian Muzakki Dan Mustahiq Zakat Mal

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Muzakki zakat mal adalah orang yang wajib mengeluarkan zakat harta. Pada dasarnya, ketentuan orang yang wajib mengeluarkan zakat mal sama dengan muzakki zakat fitrah. Hanya saja tidak terkait dengan waktu Ramadan. Dengan demikian, orang yang wajib melaksanakan zakat mal adalah seorang muslim yang memiliki harta sesuai ketentuan harta yang wajib dizakati. Satu hal penting terkait muzakki zakat mal adalah pemilik harta dapat menunaikan sendiri zakatnya.

Artinya, jika orang tersebut mampu menunaikan zakat tersebut dengan dirinya sendiri dan menyerahkannya kepada amil, ia dapat melaksanakannya sendiri. Akan tetapi, jika ia masih kecil atau tidak mampu melaksanakannya sendiri, ia dapat diwakili oleh walinya. Dengan demikian, kewajiban zakat tersebut dapat tertunaikan dengan baik.

Mustahiq Zakat

Mustahiq zakat mal yaitu orang yang berhak menerima zakat , dan hal itu merujuk pada Surah at-Taubah [9] ayat 60 sebagai berikut.

Innamassadaqatu lilfuqara’i walmasakini wal'amilina'alaiha walmu’allafati qulubuhum wa firriqab walgarimina wafisabi lillahi wabni sabili, faridatam minallah wallahu 'alimun hakimun.

Artinya: ”Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.”

Dari ayat di atas kita mengetahui bahwa penerima zakat terdiri atas delapan golongan yaitu:

Orang-orang fakir, Orang miskin, Amil zakat atau orang yang mengelola zakat mal, Orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), Untuk (memerdekakan) hamba sahaya, Untuk (membebaskan) orang yang berutang, Untuk jalan Allah, dan Untuk orang yang sedang dalam perjalanan.

Dalam pelaksanaannya, pembagian kepada kedelapan golongan tersebut dilaksanakan menurut kebijakan amil zakat. Amil diperbolehkan membagi zakat tersebut berdasarkan keadaan masyarakat setempat.

Itulah sedikit pengertian muzakki dan Mustahiq zakat, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…