Definisi / Pengertian Sujud Syukur

Sahabat admin yang di karuniai Allah, di sini saya akan sedikit membahas pengertian dari sujud syukur.  Dalam kehidupan kita sering menyaksikan seseorang yang bersujud setelah mendengar kabar gembira atau memenangkan suatu perlombaan. Sujud yang mereka lakukan disebut sujud syukur. Sujud syukur yaitu sujud yang sunah dilaksanakan ketika mendapat nikmat dari Allah swt atau terhindar dari malapetaka.

Islam mengajarkan umatnya agar bersyukur jika mendapat karunia Allah swt. Sujud syukur merupakan wujud rasa terima kasih kepada Allah swt atas nikmat yang telah dikaruniakan. Terhindar dari musibah termasuk nikmat atau karunia Allah swt yang patut disyukuri.

Terhindar dari malapetaka tidak terlepas dari kehendak Allah swt Jika Dia menghendaki kita tertimpa musibah, tidak ada seorang pun yang dapat menghindar. Dasar pelaksanaan sujud syukur adalah hadis Rasulullah saw  yang berbunyi seperti berikut.

Artinya: Dari Abu Bakrah, bahwasanya Nabi saw. segera bersujud berterima kasih kepada Allah apabila datang kepada beliau sesuatu yang menyenangkan atau kabar gembira. (H.R. Abu Daud dan Tirmizi).
Dari hadis diatas sudah dijelaskan bahwa kita diperintah untuk bersujud sukur setelah kita mendapatkan sesuatu yang baik atau mendengar kabar berita yang menyenangkan, dan hukum sujud syukur itu adalah sunah.

Itulah pengertian dari sujud syukur, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…