Hikmah / Keutamaan Dari Salat Sunah Rawatib

Sahabat admin yang di karuniai Allah. Hikmah dari salat sunah rawatib sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Ummu Habibah. Seseorang yang membiasakan diri untuk mengerjakan salat sunah rawatib setiap harinya dua belas rakaat, Allah akan membangunkan sebuah rumah untuk orang tersebut.

Lebih lanjut perhatikan hadis berikut ini. Ummu Habibah berkata, ”Rasulullah saw bersabda, ”Barang siapa yang mengerjakan salat dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga, yaitu empat rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Magrib, dua rakaat sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum salat Subuh.” (H.R. at-Tirmizi dan an-Nasai).

Selain keutamaan yang disebutkan di atas, jika kita mengerjakan salat sunah rawatib mengandung berbagai manfaat yaitu Menunjukkan Kita Mencintai Rasulullah Cinta kita kepada Rasulullah saw. dapat ditunjukkan dengan mengikuti sunah-sunahnya. Rasulullah selalu mengerjakan salat sunah rawatib muakkad. Dengan demikian, kita juga dianjurkan untuk meneladani Rasulullah dengan mengerjakan salat sunah rawatib ini.

Dengan kita sering melakukan salat sunah rawatib kita akan Terhindar dari Amalan yang Sia-Sia Dengan mengerjakan salat sunah rawatib kita mengurangi kegiatan yang berpotensi sia-sia, misalnya mengobrol hal-hal yang tidak berguna. Sesudah azan berkumandang, sebelum iqamah salat, merupakan salah satu waktu yang mustajab. Oleh karena itu, kita hendaknya memanfaatkannya dengan amaliah salat sunah, seperti salat rawatib.

Salat sunah rawatib juga termasuk Sebagai Pembukaan Sebelum Mengerjakan Salat Fardu Khusus untuk salat rawatib qabliyah, bisa menjadi persiapan agar nanti salat fardu kita lebih sempurna, khusyuk, dan tumakninah. Selain itu, kita juga terlatih bersikap disiplin karena berusaha salat pada awal waktu.

Itulah sebagaian hikmah dari salat sunah rawatib, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…