Keutamaan / Fadhilah Salat Sunah Rawatib

Sahabat admin yang di karuniai Allah. Dalam kehidupan sehari-hari kita dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah rawatib karena dalam ibadah ini terdapat beberapa keutamaan. Salah satu keutamaan mengerjakan salat rawatib ini yaitu dapat melengkapi kekurangan dari salat fardu kita. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis sebagai berikut.

Rasulullah saw bersabda, ”Sesungguhnya amal seorang hamba yang paling pertama dihisab adalah salatnya Jika bagus, ia telah beruntung dan sukses. Jika rusak, ia telah rugi dan menyesal. Jika kurang sedikit dari salat wajibnya, Allah berfirman, ”Lihatlah, apakah hamba-Ku itu memiliki salat tatawwu’ (salat-salat sunah)?” Selanjutnya, salat wajib yang kurang tersebut disempurnakan dengannya kemudian seluruh amalannya diberlakukan demikian” [H.R. at-Tirmizi].

Berdasarkan penjelasan pada hadis di atas, jika kita banyak mengerjakan salat sunah, berarti semakin memiliki banyak cadangan amal yang akan menyempurnakan kekurangan salat wajib kita. Di antara salat sunah yang dimaksud dalam hadis ini adalah salat sunah rawatib.

Itulah sebagaian dari keutamaan salat sunah rawatib, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita, dan mudah-mudahan Allah selalu meridhai kita semua amin…