Ilmuan Muslim Yang Sangat Terkenal DIbidang Kedokteran

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ilmu kedokteran/ketabiban dalam Islam dikenal dengan nama attib. Oleh karena itu, seorang dokter atau ahli pengobatan dikenal dengan sebutan tabib (tabib). Pada masa Daulah Abbasiyah, kedokteran Islam mencapai puncaknya. Pada masa ini banyak terlahir dokter kenamaan.

Rumah sakit besar dan sekolah tinggi kedokteran juga banyak didirikan. Pada saat itu berdiri juga beberapa perguruan tinggi kedokteran di Kota Bagdad, Damaskus, dan Cordoba dengan mahasiswa yang tidak hanya dari dunia Islam, tetapi dari bangsa Barat. Di antara ilmuwan muslim yang terkenal dalam bidang kedokteran sebagai berikut.

Ibnu Sina, mendapat julukan ”Bapak Kedokteran Dunia”.

Karyanya yang sangat terkenal yaitu al-Qanu-n fi attib atau The Canon of Medicine. Ibnu Sina merupakan orang yang pertama kali merumuskan, bahwa kesehatan fisik dan kesehatan jiwa memiliki keterkaitan dan saling mendukung. Ibnu Sina juga mengenalkan ilmu yang sekarang diberi nama pathology dan farmasi kepada dunia kedokteran. Karya lain dalam bidang kedokteran adalah asy-Syifa
.
Ar-Razi, di Barat ia dikenal dengan nama Rhazes.

Karyanya dalam bidang ilmu kedokteran berjudul al-Hawiyang di dalamnya membahas tentang campak dan cacar. Al-Hawiditerjemahkan ke dalam bahasa Latin menjadi Continens (1279).

Abu al-Qasim az-Zahrawi, mendapat julukan ”Bapak Bedah Modern” dengan karyanya kitab al-Tasrif.

Ibnu Rusyd, dengan karyanya Kulliyat fittibb (Aturan Umum Kedokteran).

Itulah nama tokoh-tokoh tasawuf yang terkenal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…