Tokoh-Tokoh Tasawuf Islam Yang Sangat Terkenal

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Tasawuf merupakan ilmu yang membahas tentang bagaimana cara mendekatkan diri secara benar kepada Allah. Pemahaman kaum muslimin tentang sufi saat itu tidak lagi bertujuan meninggalkan kehidupan dunia, tetapi lebih mengacu pada usaha menghindarkan diri dari keterikatan yang berlebihan pada dunia.

Pada saat itu, seorang sufi harus tetap dapat menguasai dunia, sambil menjaga diri agar mereka tidak dikuasai oleh dunia. Dalam ilmu tasawuf, terlahir banyak tokoh. Di antara tokoh-tokoh dalam bidang filsafat sebagai berikut.

Al-Gazali,

dengan karyanya Maqasid al-Falasifah (Maksud Para Filsuf) dan Tahafut al-Falasifah (Kerancuan para Filsuf). Imam al-Gazali mendapat julukan ”Hujatul Islam (pembela Islam)”.Al-Gazali berjasa dalam hal mendamaikan antara ajaran tasawuf dengan syariat Islam sehingga dapat diterima oleh umat Islam.

Rabiah al-Adawiyah,

seorang wanita yang sangat mencintai Tuhannya. Ia menghabiskan hidupnya untuk berzikir dan beribadah kepada Allah swt. Ia terkenal dengan pengalaman spiritualnya, yaitu mahabah atau penyerahan diri secara total kepada Allah swt.

Al-Hallaj,

mendapat julukan ”sang perantara”. Ia menulis karya yang berjudul Kitab at-Tawasin.

Ibnul Arabi,

dengan ajaran wahdatul wujud. Wahdatul wujud yaitu paham bahwa tidak ada sesuatu pun dalam wujud kecuali Tuhan. Di antara karyanya yang terkenal, yaitu Futuhat al Makkiyyah dan Risalah al Anwar.

Itulah nama tokoh-tokoh tasawuf yang terkenal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…