Jenis / Macam-Macam Puasa Wajib

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Puasa menurut hukum melaksanakannya dibagi menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah puasa wajib. Sesuai dengan namanya, puasa wajib hukumnya wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang telah memenuhi syarat. Puasa yang hukumnya wajib terdiri atas beberapa puasa yaitu sebagai berikut.

Puasa Ramadan

Puasa Ramadan merupakan salah satu puasa wajib. Umat Islam yang telah memenuhi syarat hukumnya wajib melaksanakan puasa Ramadan. Terdapat perbedaan pendapat tentang turunnya perintah puasa Ramadan. Ada yang berpendapat disyariatkan pada tahun kedua Hijriah dan ada yang berpendapat pada tahun ketiga Hijriah. Puasa Ramadan dilaksanakan sebulan penuh dan pada siang hari. Perintah untuk melaksanakan puasa Ramadan ini dapat ditemukan dalam Al-Qur’an Surah al-Baqarah [2] ayat 183 berikut.

Puasa Nazar

Puasa nazar adalah puasa yang dilakukan untuk memenuhi janji yang telah diucapkan sebelumnya. Apa bila kita bernazar berpuasa, maka kita wajib membayar atau melaksanakan nazar puasa itu.

Puasa Kafarat

Puasa kafarat disebut juga puasa tebusan. Untuk mengetahui pengertian puasa kafarat, perhatikan ilustrasi berikut. Seorang dokter tanpa sengaja memberikan resep obat yang keliru kepada pasiennya. Karena tindakan ceroboh dokter tadi, pasien justru semakin sakit sehingga ia meninggal dunia. Dalam kasus ini, dokter telah bertindak salah karena ceroboh dalam memberikan obat sehingga menyebabkan pasiennya meninggal dunia. Dalam hukum Islam tindakan ini termasuk perbuatan pembunuhan tidak sengaja atau tersalah.

Puasa Qada

Puasa qada adalah puasa yang dilaksanakan di luar bulan Ramadan sebagai pengganti puasa Ramadan yang ditinggalkan. Alasan meninggalkan puasa Ramadan harus sesuai dengan syariat Islam.

Itulah sedikit pengertian masalah puasa-puasa wajib, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…