Pengertian / Arti Dari Puasa Ramadan

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Puasa Ramadan merupakan salah satu puasa wajib. Umat Islam yang telah memenuhi syarat hukumnya wajib melaksanakan puasa Ramadan. Terdapat perbedaan pendapat tentang turunnya perintah puasa Ramadan.

Ada yang berpendapat disyariatkan pada tahun kedua Hijriah dan ada yang berpendapat pada tahun ketiga Hijriah. Puasa Ramadan dilaksanakan sebulan penuh dan pada siang hari. Perintah untuk melaksanakan puasa Ramadan ini dapat ditemukan dalam Al-Qur’an Surah al-Baqarah [2] ayat 183 berikut.

Yaayyuhallazina amanu kutiba ‘alaikumus siyamu kama kutiba ‘alallazina min qablikum la‘allakum tattaqun

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa  (Q.S. al- Baqarah [2]: 183).

Orang yang sedang sakit diperbolehkan berbuka puasa Ramadan.Selain itu, perintah untuk melaksanakan puasa juga dapat ditemukan dalam hadis yang artinya sebagai berikut : Dari Ibnu Umar ra berkata: Rasulullah saw telah bersabda, ”Islam didirikan di atas lima dasar, yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah, mendirikan salat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadan, dan menunaikan haji ke Baitullah. (HR. Bukhari).

Perintah untuk menunaikan puasa juga dapat ditemukan dalam hadis Rasulullah saw. yang artinya, ”Wahai manusia! Beribadahlah kepada Tuhanmu, laksanakanlah salat lima waktu, berpuasalah di bulan Ramadan, dan laksanakanlah haji ke rumah Tuhanmu, dan bayarkanlah zakat dari hartahartamu yang baik, maka kamu akan masuk ke dalam surga Tuhanmu.” (H.R. Bukhari, Muslim, dan Ahmad bin Hanbal).
Bagi wanita yang hamil dan menyusui wajib membayar fidyah dan mengganti puasanya pada hari lain, seandainya yang mereka khawatirkan adalah janin atau anak yang sedang menyusu. Akan tetapi, jika yang mereka khawatirkan diri mereka, mereka boleh berbuka dan hanya wajib menggantinya pada hari lain, tanpa harus membayar fidyah.

Itulah sedikit pengertian masalah puasa Ramadan, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…