Kegiatan Yang Di lakukan Disaat Umrah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kegiatan yang dilakukan pada waktu umrah yaitu   Bersuci (mandi dan Berwudu) kemudian Ihram (Berpakaian rapi, Salat sunah ihram dua rekaat dan Niat umrah) setelah ihram kemudian Talbiyah, shalawat dan do’a Talbiyah dibaca setelah niat umrah sampai hendak memulai tawaf.

Kemudian bersholawat dan Doa sesudah salawat “Ya, Allah sesungguhnya kami memohon keridhaan dan surgaMu, kami berlindung kepadaMu dari murkaMu dan neraka. Wahai Tuhan kami, karuniailah kami kebajikan di dunia, kebajikan pula di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

Setelah itu Masuk Mekah dan berdoa,Masuk Masjidil Haram Babus Salam atau pintu lain dengan berdoa, Melihat Ka’bah,Melintasi makam Ibrahim Ketika melintasi makam Ibrahim waktu hendak mulai tawaf, disunahkan berdoa dan Tawaf. Pelaksanaan tawaf yaitu sebagai berikut :

Tempat mulai tawaf adalah lampu hijau yang lurus dengan Hajar Aswad. Bila tidak mungkin mencium hajar Aswat cukup dengan mengangkat tangan ke arah Hajar Aswad dan mengecupnya. Pada saat memulai tawaf putaran pertama mengangkat tangan ke arah Hajar Aswad dan disunahkan menghadap ka’bah dengan sepenuh badan. Bila tidak mungkin, cukup dengan menghadapkan sedikit badan ke Ka’bah. Pada tawaf putaran kedua dan seterusnya, cukup menolehkan kepala ke arah ka’bah.

Pelaksanaan tawaf sebanyak 7 kali putaran mengelilingi ka’bah dengan membaca doa

Setiap sampai di rukun Yamani usahakan mengusapnya.

Setiap melintas di rukun Yamani sampai dengan Hajar aswad membaca doa.

Sesudah tawaf kita kemudian Munajat di Multazam, yaitu suatu tempat diantara Hajar Aswad dan pintu ka’bah dengan berdoa kemudan Salat sunah tawaf di belakang makam Ibrahim.Setelah munajat di Multazam, kemudian menuju maqam Ibrahim untuk salat sunah dua rakaat. Pada rakaat pertama setelah membaca surah al-Fatihah lalu membaca surah al-Kafirun, dan pada rakaat kedua setelah membaca al-Fatihah lalu membaca surah Ikhlas. Sesudah salat kemudian berdoa.

Kemudian Salat sunah di Hijir Ismail. Setelah salat sunah tawaf, jika memungkinkan hendaknya salat sunah mutlak di Hijir Ismail dua rakaat. Salat sunah di Hijir Ismail sama pahalanya dengan shalat sunah dalam ka‘bah karena Hijir Ismail bagian dari ka‘bah. Pada rakaat pertama setelah membaca surah al-Fatihah membaca surah al-Kafirun dan pada rakaat kedua setelah membaca al-Fatihah membaca surah Ikhlas dan sesudah salat kemudian berdoa.

Sa’i Dimulai di bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah sebanyak tujuh kali perjalanan bolak-balik, Berdoa ketika berada diatas bukit Safa sambil menghadap kiblat kemudian Berdoa ketika hendak mendaki bukit Safa sebelum mulai sa’I, Memulai perjalanan sa’i dengan membaca doa, Setiap melintasi antara dua pilar hijau bagi pria hendaknya berlari-lari kecil dan bagi wanita cukup berjalan biasa sambil berdoa dan Setiap mendaki bukit Safa dan bukit Marwah dari ketujuh perjalanan sa’i tersebut hendaklah membaca doa. Bercukur atau memotong rambut (tahalul) Dengan selesainya bercukur/memotong rambut, maka selesailah pelaksanaan umrah.

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: ”Tidak ada balasan orang yang hajinya mabrur kecuali surga baginya.” (H.R. Bukhari).

Itulah Kegiatan Yang Di lakukan Disaat Umrah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…