Pengertian / Arti Aqiqah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Allah swt. menciptakan hewan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ciptaan ini sebagai bukti keagungan Allah swt. Di dunia ini, Allah swt. menciptakan berbagai macam jenis binatang. Ada binatang yang besar dan ada yang kecil. Ada yang hidup di darat, di udara, dan di air.

Ini semua merupakan bukti keagungan dan kebesaran Allah swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya. Hewan-hewan yang diciptakan oleh Allah swt. dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah untuk aqiqah.

Aqiqah adalah menyembelih kambing sebagai tanda syukur kepada Allah atas lahirnya anak laki-laki atau perempuan. Untuk laki-laki menyembelih 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan menyembelih 1 ekor kambing. Penyembelihan aqiqah dilakukan pada hari ke-7 atau kelipatannya. Anak yang sudah diaqiqahi kemudian diberi nama yang baik dan rambutnya dicukur.

Pada hari ke-7 kelahirannya, bayi dicukur rambutnya dan dilaksanakan aqiqah dengan menyembelih kambing. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah saw. sebagai berikut:

Artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, kemudian dicukur rambutnya dan diberi nama yang baik. (H.R. Ahmad dan Tarmidzi).

Hukum menyembelih hewan aqiqah adalah sunah muakad, yaitu sunah yang dikuatkan. Berbeda dengan pembagian daging kurban, pembagian daging aqiqah biasanya dilakukan kalau daging tersebut sudah dimasak.

Itulah Pengertian / Arti Aqiqah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…