Pengertian / Arti Kurban

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kurban berasal dari kata qarraba yang artinya adalah dekat. Secara lebih luas kurban diartikan sebagai tindakan menyembelih binatang tertentu atas dasar perintah Allah swt. dan petunjuk dari rasulullah dengan harapan agar dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Sebagaimana firman Allah swt. dalam Q.S. al-Kausar 1-3 yang artinya:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)” (Q.S. al-Kausar/108:1-3).

Pelaksanaan kurban hukumnya sunah muakad, artinya sangat dianjurkan terutama bagi muslim yang mampu. Hadis Rasulullah saw. Yang artinya: “Barang siapa mempunyai kemampuan untuk berkurban namun tidak mau berkurban maka jangan mendekati tempat salatku.” (H.R. Ibnu Majah).

Jenis Hewan Kurban Ada beberapa jenis hewan yang dapat dijadikan kurban, yaitu:

Domba yang sudah berumur satu tahun lebih atau sudah berganti giginya.
Kambing yang telah berumur 2 tahun atau lebih.
Unta yang telah berumur 5 tahun lebih.
Sapi atau kerbau yang telah berumur 2 tahun atau lebih.

Binatang yang boleh dijadikan hewan kurban harus memenuhi persyaratan. Di samping jenis-jenis hewan yang dapat dijadikan kurban di atas masih ada beberapa persyaratan lain agar hewan-hewan tersebut dapat disembelih sebagai hewan kurban. Syarat-syarat tersebut adalah:

Tidak cacat, seperti matanya pece, telinganya putus, Sehat atau tidak sakit dan badannya tidak kurus, Tidak rusak tanduknya, Tidak pincang kakinya, Tidak dalam keadaan hamil.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw. yang artinya: “Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan kurban yaitu rusak matanya, sakit, pincang, kurus yang tidak berlemak lagi.” (H.R. Ahmad dan Ibnu Majah).

Itulah Pengertian / Arti Kurban, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…