Pengertian / Definisi Dari Tawakal

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, disini kami akan membahas sedikit arti atau pengertian tawakal. Kata tawakal berasal dari kata bahasa Arab wakala yang artinya menyerahkan, memercayakan, atau mewakilkan urusan kepada orang lain. Pengertian tawakal adalah penyerahan segala perkara, ikhtiar, dan usaha yang telah dilakukan kepada Allah swt. serta berserah diri sepenuhnya kepada-Nya untuk mendapatkan kemaslahatan atau menolak kemudaratan.

Sifat tawakal merupakan pekerjaan hati manusia dan puncak tertinggi keimanan. Sifat ini akan datang dengan sendirinya jika iman seseorang telah matang. Dengan demikian, belum sempurna keimanan seseorang jika belum tiba di puncak tawakal. Hal ini dinyatakan Allah dalam Al-Qur’an yang artinya sebagai  berikut :

Dan Musa berkata, ’Wahai kaumku! Apabila kamu beriman kepada Allah, maka bertawakallah kepada-Nya, jika kamu benar-benar orang muslim (berserah diri).” (Q.S. Yunus ayat 84).

Iman dan tawakal berhubungan erat. Tawakal kepada Allah menunjukkan kuatnya iman seseorang kepada-Nya. Sebaliknya, tawakal yang lemah menunjukkan kelemahan iman kepada-Nya. Tawakal menjadi dasar keimanan dan semua amal. Kedudukan tawakal dihubungkan dengan iman, seperti kedudukan badan dihubungkan dengan kepala. Kepala tidak dapat berdiri kecuali ada badan. Demikian juga iman dan amal tidak dapat ditegakkan kecuali atas dasar tawakal.


Mudah-mudahan pengertian tawakal diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan kita dapat menanamkan sikap atau sifat tawakal kepada diri kita sendiri sehingga kita dapat berserah diri kepada Allah dengan sepenuh hati amin…