Pengertian / Definisi Rebo Wekasan

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Di Yogyakarta, tepatnya di desa Wonokromo, Plered, Bantul, juga mengklaim menyelenggarakan rebo wekasan. Yakni digelarnya sebuah upacara pada Selasa malam atau malam Rabu.

Konon, hari Rabu terakhir dalam bulan Safar itu merupakan hari pertemuan antara Sri Sultan Hamengku Buwono I dengan Kyai Faqih Usman. Berdasarkan hari itulah kemudian masyarakat menamakannya dengan upacara rebo wekasan atau rebo pungkasan. Ketika itu, upacara dipusatkan di depan masjid. Namun seminggu sebelumnya, terlebih dulu diselenggarakan pasar malam.

Upacara rebo wekasan ini sendiri dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, serta ungkapan terima kasih pada kyai pertama di Wonokromo -Kyai Faqih Usman atau Kyai Welit- yang bisa menyembuhkan segala penyakit dan dapat memberikan berkah untuk kesuksesan usaha atau untuk tujuan-tujuan tertentu.

Selain itu, ada yang menyelenggarakan rebo wekasan dengan jalanjalan ke pantai untuk mandi dengan maksud untuk menyucikan diri dari segala kesalahan dan dosa. Namun ada pula yang merayakannya dengan riungan (kumpul bersama) di pagi hari di sebuah masjid. Riungan itu dipimpin oleh imam masjid dan diiringi dengan tahlil dan tahmid serta diakhiri dengan doa tolak bala.

Setelah itu, barulah jamuan dibagikan kepada peserta riungan untuk dimakan bersama-sama. Masih dengan maksud menolak bala’, di sebagian tempat ada yang menyelenggarakan rebo wekasan dengan salat, baik dilakukan secara sendirian maupun berjamaah. Karena itulah salat tersebut dinamakan salat rebo wekasan. Salat ini biasanya dikerjakan pada Rabu pagi akhir bulan Safar setelah salat Isyraq, kira-kira mulai masuk waktu Dhuha.

Terkait dengan salat rebo wekasan ini, menyatakan bahwa tradisi ini bisa jadi bersumber dari sebuah buku berjudul ”Kanzun Najah” karangan Syekh Abdul Hamid Kudus. Di dalamnya diterangkan bahwa sebagian ulama ahli mukasyafah (sebutan ulama sufi tingkat tinggi) sering melaksanakan salat pada setiap Rabu di akhir bulan Safar. Karena pada hari itu diturunkan 360.000 malapetaka dan 20.000 macam bencana ke bumi.

Itulah Pengertian Atau Definisi Rebo Wekasan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…