Pengertian / Definisi Takabur

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah saw. menjelaskan tentang pengertian takabur (sombong), yang artinya sebagai berikut:

Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya tersimpan sedikitpun kesombongan. Sahabat berkata
Sesungguhnya ada seseorang yang suka berpakaian bagus dan sandalnya juga bagus” Rasulullah bersabda, Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan sedangkan sombong itu menolak kebenaran dan merendahkan manusia. (H.R. Muslim).

Dari hadis di atas jelas bahwa yang dimaksud takabur atau sombong adalah tindakan menolak kebenaran dan merendahkan manusia. Orang yang takabur akan selalu menganggap dirinya lebih baik dan lebih benar dibandingkan dengan orang lain. Orang yang takabur juga akan selalu menganggap rendah atau remeh terhadap orang lain.

Sifat takabur ini biasanya dipengaruhi oleh kedudukan, kekayaan, kecantikan, kepandaian, atau keunggulan lain yang dimiliki seseorang. Orang yang sombong atau takabur akan dijauhi
oleh teman-temannya. Allah swt. tidak suka terhadap orang-orang yang sombong. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt. dalam surah an-Nahl sebagai berikut:

Innahu la yuhibbul mustakbirina

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.” (Q.S. an-Nahl/16 : 23).

Itulah Pengertian / Definisi Takabur, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…