Contoh Dari Perilaku Sombong / Takabur

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Bahkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, seperti yang telah disebutkan di atas, orang-orang yang sombong diancam dengan hukuman tidak akan masuk surga. Sejarah mencatat banyak orang yang terjebak dalam perilaku sombong dan takabur. Kebanyakan dari mereka celakanya adalah orang-orang yang berpengaruh atau memegang kekuasaan. Seperti yang telah difirmankan oleh Allah swt., bahwa orang-orang dengan sifat takabur ini tidak akan mempunyai hidup yang indah dan bermakna. Orang-orang ini biasanya akan berakhir dengan tragis dan mengenaskan. Beberapa contoh manusia dengan sifat sombong dan takabur antara lain:

Raja Fira‘un

Firaun oleh Allah swt. banyak diberi kelebihan yaitu pangkat, kedudukan, kekuasaan, dan kerajaan. Bahkan, Firaun diberi kefadalan oleh Allah swt. berupa selama hidupnya ia tidak pernah sakit. Dengan kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Allah swt. tersebut, bukannya bersyukur dan berterima kasih, Firaun malah menjadi kufur dan takabur. Firaun merasa dirinya paling berkuasa, paling hebat. Bahkan, Firaun mengaku dirinya sebagai Tuhan.

Allah swt. mengutus Nabi Musa as. untuk menunjukkan kebenaran dan mengajak Firaun kembali beriman kepada Allah swt. Terhadap ajakan Nabi Musa ini Firaun sama sekali tidak bergeming dan malah meremehkan nabi Musa as. Atas kesombongannya yang tidak terkira ini, Allah swt. memberi balasan dengan menenggelamkan Fira‘un di Laut Merah dan dimasukkan ke dalam neraka.

Karun

Karun merupakan contoh manusia yang sombong karena harta yang dimiliki. Oleh Allah swt., Karun diberi kekayaan yang luar biasa jumlahnya. Terhadap kekayaan ini, Karun kemudian menjadi lupa diri dan melupakan fitrahnya sebagai manusia. Karun berubah menjadi manusia dengan derajat kesombongan yang luar biasa. Allah tidak berkenan dengan sifat Karun tersebut, akhirnya Allah menenggelamkan seluruh harta Karun ke dalam bumi.

Abu Lahab

Abu Lahab merupakan contoh orang yang sombong karena kedudukan dan pengaruhnya di masyarakat. Pada waktu itu, Abu Lahab merupakan tokoh masyarakat yang sangat disegani oleh semua orang. Akibat merasa dirinya lebih hebat dari semua orang, Abu Lahab pun kemudian mengingkari ajakan Rasulullah saw. untuk beriman kepada Allah swt.

Itulah Contoh Dari Perilaku Sombong / Takabur, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…