Akibat Negatif Dari Sifat / Perilaku Takabur

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sifat takabur, dalam apapun bentuknya, merupakan sifat yang harus dijauhi oleh setiap manusia. Sifat ini tidak membawa manfaat tapi justru akan melahirkan bencana bagi dirinya sendiri. Sifat takabur tidak mendatangkan pengaruh positif bagi orang yang memilikinya, sebaliknya justru mendatangkan berbagai macam akibat negatif yang akan merugikan diri orang yang mempunyai sifat tersebut
                      
Adapun beberapa akibat negatif yang ditimbulkan oleh sifat takabur adalah sebagai berikut:

Tidak mau menerima kebenaran Orang yang sombong merasa dirinya paling hebat, paling benar, dan paling baik. Apabila dinasehati, ia akan sulit untuk menerimanya. Apalagi bila yang menasehati adalah orang yang dia anggap lebih rendah, lebih miskin, atau lebih hina dibanding dirinya.

Meremehkan orang lain Orang takabur cenderung meremehkan orang lain. Hal ini disebabkan orang takabur tidak mau kalau diungguli oleh orang lain. Ia akan selalu menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain, orang lain lebih rendah dibanding dirinya. Akibat sikap merendahkan orang lain ini, orang takabur akan dibenci dan dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya.

Tidak bersyukur kepada Allah swt. Sifat takabur akan menutup mata hati, akan kebesaran Allah swt. Orang dengan sifat takabur akan cenderung beranggapan bahwa semua yang ia miliki, apakah itu kekayaan, kecantikan, kedudukan, kekuasaan, merupakan hasil jerih payah ia sendiri. Mereka tidak mau menundukkan diri dan mengakui bahwa semua itu merupakan karunia dari Allah swt. Sesungguhnya, tanpa ijin dan kuasa Allah swt., tidak mungkin kekayaan, kekuasaan, kedudukan itu bisa mereka dapatkan.

Tidak disukai oleh orang lain Orang sombong dalam bergaul mempunyai kecenderungan untuk memilih-milih teman. Karena menganggap dirinya hebat, maka ia pun berpikir harus bergaul dengan orang-orang yang menurutnya hebat. Dia tidak akan bergaul dengan sembarang orang atau dengan orang-orang yang dianggapnya lebih rendah. Karena keculasan hatinya inilah, pemilik jiwa takabur akan dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya.

Dekat dengan setan dan diancam akan ditempatkan di neraka Sombong adalah kotoran jiwa yang akan menjauhkan manusia dari kasih manusia lain dan dari kemurahan Allah swt. Satu-satunya makhluk yang akan berdekatan dengan sifat takabur adalah setan yang terkutuk. Oleh sebab itu, dalam hadisnya nabi bersabda bahwa orang-orang yang sombong tempatnya tiada lain dan tiada bukan adalah di neraka.

Itulah Akibat Negatif Dari Sifat / Perilaku Takabur, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…