Pengertian Namimah / Definisi Dari Namimah / Adu Domba

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya membahas pengertian namimah. Namimah sering diartikan dengan mengadu domba. Kadang namimah diartikan juga dengan menghasut, mengumpat, atau mencela. Secara umum sifat ini ditunjukkan dengan berusaha mengajak seseorang atau kelompok tertentu untuk dipertentangkan dengan pribadi atau kelompok lain.

Diharapkan perseteruan itu akan menyebabkan perpecahan sehingga si pengadu domba nantinya dapat mengambil keuntungan tertentu. Namimah merupakan perilaku tercela yang harus kita hindari. Allah swt. memerintahkan hamba-Nya menghindari perbuatan adu domba. Perhatikan firman Allah swt. Yang artinya sebagai berikut ini :

Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu. (Q.S. al-H.ujura - t [49]: 6)

Namimah dapat menimbulkan perpecahan dan permusuhan. Terkait pembicaraan sesuatu yang tidak baik kepada orang lain, para ulama membaginya menjadi tiga jenis, yaitu gibah, buhtan, dan isu.
Gibah : jika seseorang membicarakan tentang keburukan yang terjadi pada diri seseorang.

Buhtan : menceritakan sesuatu keburukan, padahal itu tidak terjadi pada diri orang yang dibicarakan tadi.
Isu atau ifk : menyampaikan sesuatu yang masih bersifat desas-desus yang belum jelas kebenarannya.

Itulah pengertian secara singkat tentang namimah, mudah-mudahan Allah swt menjadikan kita termasuk orang yang dapat mengendalikan diri,sehingga kita terhindar dari perbuatan namimah atau adudomba dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…