Cara Menjauhi / Menghindari Sifat Gibah / Menggunjing

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, disini saya akan member sedikit cara untuk menjahui gibah. Gibah memiliki dampak yang sangat berbahaya, Allah swt melarang hamba-Nya menggunjing. Larangan menggunjing membuktikan bahwa Islam menganjurkan umatnya agar menjaga lisan. Betapa banyak perselisihan terjadi disebabkan oleh berita yang tidak benar, Ketenteraman terusik karena perbuatan gibah.

Gibah merupakan perilaku tercela yang harus dijauhi, Kejahatan yang disebabkan oleh gibah sungguh menyakitkan. Korbannya akan terluka dan merasa dirugikan. Bahkan, rasa sakitnya diibaratkan dengan memakan daging saudaranya yang masih hidup.

Pelaku gibah juga akan terjebak pada perbuatan tercela semisal ujub dan takabur. Oleh karena itu, setiap tindakan yang berpotensi menimbulkan sikap gibah, baik hati, pikiran, ucapan, maupun sikap harus dijauhi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari gibah.

Kita dapat menghentikan pembicaraan ketika pembicaraan tersebut mengarah pada perbuatan gibah. Selanjutnya, berzikir dan beristigfar guna memohon ampun dan perlindungan Allah swt. Selain itu, kita dapat menghindari pembicaraan yang terlalu lama. Pembicaraan yang terlalu lama dapat mengarah pada gibah. Cara lain yang dapat dilakukan adalah tidak berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan gibah. Dengan berusaha untuk menghindari perilaku gibah kita berharap terhindar dari murka Allah swt.

Itulah sedikit cara unteuk menghindari perbuatan gibah mudah-mudahan bermanfaat, dan mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk orang yang dapat mengendalikan diri,sehingga kita terhindar dari mengunjing orang lain atau sifat gibah dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…