Contoh Sikap / Perilaku Gibah / Menggunjing

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya akan memberi contoh perilaku gibah. Saat ulangan harian dilaksanakan, rupanya Adi kurang persiapan. Merasa ada kesempatan ia mencontek buku catatan. Peristiwa itu ternyata diketahui oleh Ria yang duduk di bangku belakang Adi, Pada beberapa kesempatan, kejadian itu, oleh Ria selalu diceritakan kepada teman-temannya, baik pada saat di kantin, ketika bercengkerama di halaman sekolah, maupun pada saat-saat lain.

Akibatnya, teman satu kelas pun jadi tahu semua. Malu dan kesal berkecamuk dalam hati Adi karena ulah Ria. Perilaku gibah berbahaya bagi kehidupan, Rasulullah melarang keras perbuatan menggunjing, bahkan menyamakannya dengan perbuatan memakan daging saudaranya sendiri. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabdanya berikut ini.

Artinya: Dari Abu- Hurairah, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, ”Tahukah kamu apa itu menggunjing?” Para sahabat menjawab, ”Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau mengatakan, ”Kamu menyampaikan sesuatu yang tidak disukai oleh saudaramu.” Ada yang bertanya, ”Bagaimanakah jika yang saya sampaikan itu merupakan (kenyataan) yang terjadi pada diri saudaraku itu?” Nabi saw. berkata: ”Jika yang kamu sampaikan itu benar terjadi pada saudaramu, berarti kamu telah menggunjingnya. Jika tidak terjadi pada dirinya, berarti kamu telah berbuat dusta terhadapnya. (H.R. Muslim dari Aisyah r.a.).

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk orang yang dapat mengendalikan diri,sehingga kita terhindar dari mengunjing orang lain atau sifat gibah dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…