Pentingnya Mempelajari Ilmu Pengetahuan Dalam Islam

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Jika membuka sejarah turunnya wahyu, kamu pasti dapat menyebutkan bahwa ayat yang turun pertama kali dimulai dengan kata perintah berbunyi iqra’ (lihat Surah al-‘Alaq ayat 1–5). Kata ini bermakna ”Bacalah!” yang menunjukkan perintah untuk memahami atau mempelajari segala peristiwa yang terjadi di alam raya ini sebagai tanda kekuasaan Allah Dari sudut pandang sejarah, perintah agar membiasakan membaca khususnya untuk menuntut ilmu, saat lahirnya Islam merupakan sesuatu yang tidak lazim menurut anggapan bangsa Arab pada umumnya.

Bagi mereka, penghormatan untuk meneruskan tradisi-tradisi yang telah dibangun oleh nenek moyang jauh lebih penting daripada mengembangkan pengetahuan. Bahkan, tanpa memiliki kemampuan membaca pun mereka sangat bangga. Mereka lebih suka mengingat cerita atau menghafal syair secara lisan daripada menuliskannya.

Belajar baca tulis bagi mereka hanya membuang waktu. Inilah salah satu alasan zaman sebelum Islam sering disebut sebagai zaman Jahiliah. Semenjak datangnya Islam, bangsa Arab yang dahulunya sangatbenci terhadap pengetahuan berubah menjadi bangsa yang begitu tekun belajar. Keadaan ini sejalan dengan pengamalan ajaran Islam yang menganggap penting ilmu pengetahuan sebagai modal keselamatan hidup di dunia dan bekal kemuliaan di akhirat kelak.

Atas motivasi mengamalkan ajaran agama, para sahabat Rasulullah dan umat Islam umumnya kian terdorong untuk belajar. Demikian halnya pada masa Khulafaur Rasyidin dan khalifah setelahnya, perhatian terhadap ilmu pengetahuan menjadi hal yang utama.

Khususnya pada masa kekhalifahan Daulah Abbasiyah, bangsa Arab dan kaum muslimin umumnya Meski bermula turun pada kaum Arab yang terbelakang, Islam memberi inspirasi yang dahsyat hingga kaum muslimin mampu mengukir sejarah peradaban yang gemilang.

bahkan mampu menguasai seluruh ilmu pengetahuan. Mereka berhasil mengembangkan dan menyempurnakan dasar-dasar kekayaan ilmu pengetahuan Yunani sampai sebegitu jauh. Tidak hanya itu, kaum muslimin telah berhasil menemukan jauh lebih banyak lagi cabang ilmu pengetahuan daripada pengetahuan Yunani.

Islam sangat mencintai ilmu pengetahuan dan memberikan penghargaan dan kedudukan tersendiri bagi orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan. Islam mendorong pemeluknya untuk mempergunakan akal dan memperhatikan alam sekitar untuk menemukan ilmu pengetahuan. Selain itu, dengan memperhatikan alam sekitar manusia dapat memahami dan mengetahui kekuasaan Allah swt.

Itulah pentingnya ilmu pengetahuan dalam Islam, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…