Peranan Perkawinan Dalam Penyebaran Islam Di Nusantara / Indonesia

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ada beberapa peranan penting dalam  penyebaran islam di Nusantara, proses islam masuk kenusantara melalui tiga tahapan yaitu dengan peranan perdagangan, pendidikan dan perkawinan. Dengan tiga peranan itu maka islam dengan mudah dapat masuk ke Nusantara.

Islamisasi melalui perkawinan pengaruhnya lebih besar, jika yang melakukan perkawinan itu dari keluarga yang berpengaruh (golongan bangsawan dan penguasa). Misalnya, perkawinan antara Putri Campa dengan Putra Brawijaya, atau antara Sunan Ampel dengan Nyi Gede Manila (seperti yang dikisahkan dalam babad Tanah Jawa).

Dalam Babad Cirebon, disebutkan tentang perkawinan antara Putri Kawungaten dengan Sunan Gunung Jati. Babad Tuban menyebutkan tentang perkawinan Putri Aria Dikara, yaitu Raden Ayu Teja dengan Syekh Ngabdurakhman. Perkawinan antara kaum bangsawan tersebut kemudian melahirkan terbentuknya kerajaankerajaan bercorak Islam di Indonesia.

Itulah Peranan Perkawinan Dalam Penyebaran Islam Di Nusantara / Indonesia, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…