Tata Cara Melakukan Sujud Tilawah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sujud tilawah dilakukan hanya sekali, baik di dalam maupun di luar salat. Bacaannya sebagaimana diceritakan Ali bin Abu Talib, ketika Rasulullah sujud tilawah berdoa yang Artinya sebagai berikut : Wajahku bersujud kepada Tuhan yang menciptakan dan membentuknya, merekahkan pendengaran dan penglihatannya. (H.R. Bukhari).

Sujud tilawah sunah dilaksanakan ketika membaca ayat sajdah yaitu : Surah al-A’r-af [7] ayat 206, Surah ar-Ra’d [13] ayat 15, Surah an-Nahl [16] ayat 49, Surah al-Isra’ [17] ayat 107, Surah Maryam [19] ayat 58, Surah al-. Hajj [22] ayat 18, Surah al-. Hajj [22] ayat 77, Surah al-Furqan [25] ayat 60, Surah an-Naml [27] ayat 25, Surah as-Sajdah. [32] ayat 15, Surah .Shod [38] ayat 24, Surah Fussilat [41] (Ha mim sajdah) ayat 37, Surah an-Najm [53] ayat 62, Surah al-Insyiqaq [84] ayat 21.Surah al-‘Alaq [96] ayat 19.

Dalam salat berjamaah ada kemungkinan imam membaca ayat sajdah. Apa yang harus dilakukan makmum? Perintah melaksanakan sujud tilawah hanyalah bersifat anjuran (sunah), sedangkan mengikuti gerakan imam bagi makmum adalah wajib. Oleh karena itu, jika imam tidak melakukan sujud tilawah, makmum pun tidak perlu melakukannya, Cukup baginya mengikuti gerakan imam.

Di dalam Al-Qur’an ada lima belas ayat yang disebut ayat sajdah. Kita akan mudah menemukannya kalau yang kita baca adalah Al-Qur’an terbitan dalam negeri. Biasanya pada setiap ayat sajdah selalu ada tanda yang menunjukkan bahwa ayat tersebut adalah ayat sajdah.     

Itulah tata cara sujud tilawah, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…