Tata Cara Salat ‘Idain / Salat Dua Hari Raya

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Dalam satu tahun umat Islam melaksanakan dua salat Id, maka disebut salat ‘idain yang artinya dua salat Id, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Salat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal. Sedangkan salat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijah. Secara garis besar, tata cara pelaksanaan salat ‘idain adalah sebagai berikut:

Dilaksanakan secara berjamaah.

Tidak didahului azan dan iqamah Dalam hadis Nabi Muhammad saw yang artinya: “Tidak ada azan bagi sembahyang hari Raya Fitrah (Aidilfitri) dan sembahyang Hari Raya Korban (Aidiladha). Juga tiada iqamat.” (H.R. al-Bukhari/907). Dalam pelaksanaan salat ‘idain tidak disunahkan didahului dengan azan dan iqamah, yang disunahkan adalah salah seorang yang biasanya disebut bilal menyerukan lafaz; “Mari kita melaksanakan salat.”

Jumlah rakaatnya adalah 2 rakaat.

Membaca takbir tujuh kali pada rakaat pertama, dan takbir lima kali pada rakaat kedua.

Imam mengeraskan bacaan (jahran)

Setelah salat id dilanjutkan dengan khutbah

Takbir tujuh kali dalam rakaat yang pertama tersebut tidak termasu takbiratul ihram. Demikian juga takbir lima kali dalam rakaat yang kedua tidak termasuk takbir intidal saat berdiri dari sujud. Takbir tujuh kali pada rakaat yang pertama dibaca setelah membaca doa iftitah, sedangkan takbir lima kali dalam rakaat kedua dibaca ketika sudah berdiri sempurna pada rakaat yang kedua sebelum imam membaca surah al-Fatihah. Di sela-sela takbir tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua.

Di samping tata cara di atas, dalam pelaksanaan salat ‘idain juga dianjurkan (disunahkan) untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

Imam membaca surah Qaf pada rakaat pertama dan surah al-Qamar pada rakaat kedua, atau membaca surah al-A’la pada rakat pertama dan surah al-Gasyiyah pada rakaat kedua.

Mandi dan berhias memakai pakaian yang bagus.

Disunahkan makan terlebih dahulu sebelum berangkat melakukan salat Idul Fitri, sebaliknya dalam salat Idul Adha disunahkan makan sesudah salat Idul Adha.

Memperbanyak membaca dan mengumandangkan takbir dan tahmid pada waktu hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Itulah Tata Cara Salat ‘Idain Atau Salat Dua Hari Raya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…