Pengertian / Definisi Shalat Sunah ‘Idaini

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Dalam satu tahun umat Islam melaksanakan dua shalat Id, maka disebut shalat ‘idain yang artinya dua shalat Id, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal. Sedangkan shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijah.

Shalat Id adalah shalat yang dilakukan pada waktu hari raya, karena dalam tradisi Islam terdapat dua hari raya, yakni Idul Fitri dan Idul Adha maka dalam satu tahun terdapat dua shalat Id. Dalambahasa Arab ‘idain berarti dua shalat Id. Hukum melaksanakan shalat ‘Idain adalah sunah muakkad (sangat dianjurkan) karena Rasulullah saw. selalu melakukan shalat ‘Idain ini selama hidupnya.

Firman Allah swt:
Bismillahir rahmanirrahimi Inna a‘tainakal-kausara Fashalli lirabbika wanhar
Artinya: “Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karenaTuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Q.S. al-Kausar : 1-2).

Bahkan Rasulullah saw memerintahkan agar seluruh kaum muslimin baik laki-laki, perempuan, anak-anak, dan dewasa untuk keluar dari rumah guna melakukan shalat Id. Para wanita yang sedang haid pun diperintahkan untuk menuju tempat shalat id untukmendengarkan khutbah tapi tidak boleh melakukan shalat.Perhatikan sabda Rasulullah saw. Yang artinya berikut ini :

“Kami telah diperintahkan oleh nabi saw. untuk pada hari raya. Begitu pula anak-anak, perempuan, gadis-gadis pingitan, dan diperintahkan juga gadis-gadis yang sedang haid diperintahkan supaya keluar pada hari raya dan memisahkan diri dari tempat salat kaum muslimin.”(H.R. Muslim/473).

Waktu melaksanakan shalat ‘idain adalah mulai terbit matahari sampai tergelincirnya matahari menjelang waktu zuhur pada hari raya tersebut. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal sedangkan shalat Idul Adha dilaksanakan tanggal 10 Dzulhijjah. Tempat pelaksanaan shalat ‘idain adalah di masjid atau di tempat yang lapang. Allamah Ibnu Qayyim menjelasan bahwa Rasulullah saw. melakukan shalat dua hari raya di suatu tempat yang lapang di dekat pintu gerbang menuju Madinah. Beliau shalat ‘idain di masjid ketika hujan.

Itulah Pengertian Atau Definisi Shalat Sunah ‘Idaini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…